Ukuran Kertas F4

Posted on

Meski sudah memasuki zaman digital, kertas masih tetap dibutuhkan di banyak sector, terutama administrasi. Kertas paling umum ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah A4. Namun, ada beberapa keadaan yang mengharuskan kita untuk memakai ukuran lain seperti ukuran kertas F4.

Baca Juga: Download CV Lamaran Kerja format Word

Selain yang bekerja di bidang percetakan, kebanyakan orang hanya tahu nama A4 tanpa tahu persis ukurannya berapa. Ukuran A4 saja mungkin Anda tidak paham lebar dan Panjang pastinya, apalagi F4. Bahkan dalam Microsoft pun tidak dimunculkan.

Baca Juga: Kode Bank BRI

Untuk mengetahui lebih banyak tentang ukuran kertas ini, sebaiknya simak informasi berikut. Tidak hanya dijelaskan dalam berbagai ukuran, tetapi juga akan dijelaskan bagaimana cara mengatur ukuran kertasnya menjadi F4, baik itu di Word atau Excel. Setelah itu, dilanjutkan dengan pengaturan printer agar tidak terpotong saat mencetak.

Ukuran Kertas F4 Dalam Inchi, CM dan MM

Ukuran kertas F4

Kertas F4 memiliki ukuran yang lebih panjang dan tinggi dibandingkan A4, atau kertas yang bisa dibilang kuarto ini. Apalagi jika dilihat secara nyata, maka perbedaannya begitu tampak. Yang sering membuat bingung adalah karena satuan yang berlaku, seperti cm, mm, dan inchi.

  • Satuan inci (inchi): 8,27 x 12,99 inci
  • Satuan mm (milimeter): 210 x 330 mm
  • Satuan cm (centimeter): 21,0 x 33,0 cm

Centimeter adalah satuan terpenting dalam kehidupan sehari-hari ini. Rata-rata semua benda diukur berdasarkan satuan tersebut. Kertas ukuran F4 yang asli adalah 21,0 x 33,0 cm. Sedangkan dalam satuan milimeter ukurannya menjadi 210 x 330 mm. Namun, bila dibuat inch akan menjadi lebih rendah angkanya, yaitu 8,27 x  12,99 inch.

Kertas F4 VS Folio

Untuk ukuran F4 sendiri terbagi menjadi dua, yaitu F4 biasa dan F4 Folio. Terkadang orang menyebut F4 sebagai Folio, dan begitupun sebaliknya. Padahal, keduanya merupakan dua kertas yang berbeda. Keduanya sering disamakan karena selisih ukurannya sangat tipis.

Baca Juga: Banner Wedding Pernikahan

Ukuran sebenarnya dari Folio adalah 21,5 x 33 cm atau 215 x 330 mm. Panjangnya hanya selisih 0,5 mm. Namun, ada beberapa produsen seperti PaperOne yang menggunakan ukuran 21,6 x 33 cm untuk kertas F4. Meski begitu, tidak menjadi masalah karena perbedaannya tidak begitu ketara.

Jadi, bisa dikatakan keduanya sama, hanya penyebutannya saja yang berbeda. Baik F4 biasa atau pun F4 Folio biasanya digunakan untuk keperluan percetakan photo copy atau penggandaan dokumen. Sebagai contoh, yaitu untuk salinan ijazah, skripsi, mencetak foto, atau mencetak file Microsoft Excel, majalah, buku gambar, dan lain sebagainya.

Cara Mengubah Size Kertas F4

Dalam pengetikan, Microsot Word sudah secara otomatis mengatur ukuran kertas menjadi A4. Jika lupa mengaturnya maka bagian bawah dokumen akan terpotong. Jadi, Anda harus mengubahnya terlebih dahulu sehingga hasil print sesuai dengan yang diharapkan.

1. Mengatur Kertas F4 di Word

Dalam Ms Word, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengubah kertas A4 menjadi F4. Pertama, melalui setting dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Pada dokumen yang terbuka, pilih Page Layout di tab bagian atas.
  • Lalu klik ikon Size yang tepat berada di bawahnya.
  • Kemudian pilih More Paper Sizes… di bagian paling bawah.
  • Selanjutnya klik bagian Paper Sizes untuk memilih Custom Size.
  • Ubah ukuran di bawahnya menjadi 21 cm untuk kolom Width dan 33 cm untuk Height.
  • Setelah klik OK maka kertas akan otomatis berubah.

Untuk cara yang kedua, Anda dapat mengatur ukuran standar word document menjadi F4 biasa menggunakan ikon Margins.

  • Masih di menu Page Layout, pilih Margins lalu klik Custom Margins
  • Pilih tab Paper untuk mengubah ukuran kertas.
  • Langsung isi bagian Width dengan ukuran 21 cm, dan Height 33 cm.
  • Pilih tombol OK agar kertas berubah.

2. Mengubah Kertas F4 pada Excel

Selain Word, Excel juga merupakan salah satu aplikasi Microsoft yang paling banyak digunakan. Berikut tutorial mengubah kertas F4 pada Ms. Excel.

  • Buka dokumen yang ingin Anda ubah ukurannya menjad F4.
  • Berikutnya pilih toolbar Page Layout.
  • Lalu klik tulisan Page Setup berukuran kecil di paling bawah dekat kolom Formula.
  • Pada Paper Size tidak tersedia ukuran F4, maka dari itu klik Options.
  • Klik Printer Paper Size, lalu pilih Customize atau Define User.
  • Ubah lebar dan tinggi kertas sesuai ukuran F4. Jika memilih mm maka ukurannya menjadi  210 x 300 mm dan 8,27 x  12,99 untuk inch.

3. Ukuran F4 Tidak Muncul

Ini merupakan masalah yang sering terjadi. Hal ini biasanya disebabkan oleh penggunaan printer yang berbeda. Solusinya adalah gunakan perangkat printer lain yang menyediakan ukuran F4 atau kolom Custom agar bisa diubah secara manual.

Cek printer Anda apakah mendukung ukuran kertas custom atau tidak. Cara dengan mengubah ukuran F4 di printer berikut ini.

  • Buka halaman dokumen Word atau Excel yang ingin dicetak.
  • Klik menu File di pojok kiri atas, lalu klik Print.
  • Edit pengaturan kertas melalui pilihan Printer Properties.
  • Perhatikan Printer Page Size. Saat diklik, beragam ukuran akan muncul. Pilih ukuran F4 atau yang berukuran 8,27 x  12,99 inch.
  • Jika tidak tersedia, pilih Customize lalu ubah menjadi F4 secara manual.

Supaya print F4 tidak terpotong, pastikan Anda mengubah ukuran kertasnya dua kali. Pertama, di Page Layout dokumen dan setting Printer Properties pada alat cetak. Dijamin setelah melakukan keduanya tidak akan terjadi lagi file terpotong.

Cara Memilih Ukuran Kertas Terbaik

Meskipun semua jenis F4 berukuran sama, tetapi dari segi kualitas pasti ada perbedaannya. Untuk mendapatkan yang terbaik, berikut beberapa tips sebelum membeli kertas F4 dalam jumlah banyak.

1. Gramasi F4

Gramasi atau gram per square meter merupakan istilah yang merujuk pada satuan kertas. Kertas-kertas yang beredar di pasaran menggunakan ini untuk mengukur ketebalannya.

Walaupun ukuran kertasnya F4, tebal kertasnya berbeda-beda. Jenis 70 GSM adalah yang paling sering digunakan. Selain itu, ada juga yang berukuran 60 GSM atau 80 GSM.

Sadar atau tidak, kertas yang tipis gramasinya lebih mudah robek dibandingkan yang tebal. Namun, kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing. Jika tidak ingin hasil cetakan terlalu tebal maka gunakan yang paling tipis.

2. Warna

Versi F4 ternyata juga memiliki warna selain putih. Terdapat F4 berwarna merah muda, kuning, hijau, dan biru. Namun, biasanya yang berwarna lebih mahal dibandingkan yang berwarna polos.

3. Beda merek, beda kualitasnya

Pepatah “jangan melihat sesuatu dari luarnya” tidak berlaku dalam memilih kertas F4 terbaik. Cari tahu berbagai macam merek yang ada di pasaran. Bukan hanya brand, tetapi juga harganya. Harga dan popularitas biasanya mempengaruhi kualitas.

Maka dari itu, sebaiknya tentukan akan digunakan untuk apa kertas F4 ini. Apakah untuk ijazah, skripsi atau laporan keuangan? Jika hanya untuk kebutuhan photo copy, beli saja dari merek yang biasa sekaligus menghemat budget.

Sekarang Anda tidak akan kebingungan lagi membedakan mana F4, A4, dan juga Folio. Gunakanlah tips memilih kertas F4 di atas, dan telitilah sebelum mencetak dokumen menggunakan kertas F4. Jika terpotong, Anda akan rugi uang karena kertasnya tidak bisa lagi terpakai.

Kesimpulan

Nah, bagaimana apakah kamu sudah jelas dengan penjelasan ukuran kertas F4? semoga artikel https://infosearchweb.com bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu tentang size kertas F4 di excel dan word serta setting di printer.

Kertas F4 ini memang special dan tidak terlalu familiar seperti ukuran kertas A4 dan biasanya untuk penggunakan seperti di sekolah, karyawan kantoran, pabrik atau pemakaian pribadi juga jarang menggunakan ukuran tersebut.